Gimana sih bikin fans supaya support kamu di Trakteer?

Sangatlah mungkin bagimu sekarang untuk bisa menghasilkan uang melalui karya yang kamu hasilkan. Munculnya platform daring seperti Trakteer, menjadi salah satu dari berbagai corong monetisasi karya bagi seorang konten kreator. Nah, untuk sepenuhnya bisa memanfaatkan platform-platform seperti ini ada satu syarat yang harus kamu penuhi, yaitu supporter.

Untuk bisa mendapatkan supporter, promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Namun seperti kita tahu, self-promotion bisa menjadi tantangan tersendiri bagi konten kreator. Ketika mempromosikan halaman Trakteer, kita tidak ingin terlalu salesy atau terdengar seperti seorang salesman, sehingga membuat fans merasa risih.

Jadi harus gimana sih supaya fans kamu bersedia tanpa paksaan untuk mau support kamu di Trakteer? Kali ini kita akan membahas sedikit tips untuk membuat fans bersedia untuk menjadi supporter kamu di Trakteer.

Fokus pada Benefits

Alasan yang paling utama seseorang bersedia untuk memberikan support adalah adanya keuntungan yang bisa mereka dapat. Karena karya yang kamu buat memberikan value tersendiri bagi mereka.

Namun hal ini jarang dapat membuat fans bersedia memberikan support setiap bulan atau beberapa tahun di masa yang akan datang.

Tawarkan keuntungan yang menarik bagi fans yang memberikan support. Jelaskan kepada fans kamu keuntungan atau benefit apa saja yang bisa mereka dapatkan dengan memberikan support, jangan biarkan fans mencari tahu sendiri, ungkapkan secara jelas kepada mereka keuntungan apa saja yang bisa mereka dapatkan.

Buat Tier

Dengan menawarkan lebih banyak tier atau tingkatan keuntungan berdasarkan besaran dukungan, kamu dapat meningkatkan jumlah pendukungmu karena tidak setiap tier diperuntukkan bagi semua orang.

Sebagian fans kamu mungkin bersedia untuk memberikan 5000 setiap bulan, sedangkan fans kamu yang lain bisa jadi bersedia untuk memberikan lebih, karena lebih banyak benefits yang mereka terima.

1_p0RYwxNG_QRjIwc4AvO6xw.gif

Credit: tenor.com — kadektop2

Walaupun kamu tidak ingin terdengar seperti salesman ketika mempromosikan halaman Trakteer, bukan berarti kamu tidak bisa menaruh tautan ke halaman Trakteermu di setiap space yang bisa dilihat oleh fans kita.

Mempromosikan halaman berarti menampilkannya, agar dilihat berkali-kali oleh fansmu.

Kamu pasti akan selalu mendapatkan fans baru sepanjang waktu, jadi meskipun tautan tersebut sudah dilihat 100 fans, bagi sebagian fans, hal tersebut bisa jadi yang pertama kali.

Banyak pemasar percaya bahwa orang perlu melihat sesuatu rata-rata 7 kali sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau mendaftar. Oleh karena itu, pastikan halaman Trakteer kamu dapat dilihat oleh seluruh fansmu.

Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan, maka jangan takut untuk meminta pendapat dan wawasan kepada para supporter. Tanyakan kepada mereka apa yang memotivasi mereka untuk memberikan dukungan atau apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat mereka merasa terapresiasi. Hal ini tentu saja lebih baik daripada sekadar menebak-nebak.

Supporter kamu tentu lebih paham daripada orang lain, hal apa yang memikat mereka untuk memberikan dukungan dan benefits apa yang mereka harapkan dengan memberikan dukungan tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa bantu kamu untuk membuat fans bersedia support kamu di Trakteer. Hal ini akan terasa seperti proses yang lambat, tetap positif adalah kunci agar kamu bisa terus menjalaninya.

Halaman Trakteer yang aktif dimulai dengan rencana promosi yang konsisten dan bervariasi. Gimana sudah siap mulai? Mulailah dengan memberi tahu fans kamu tentang halaman Trakteermu sendiri.

No Comments Yet