Apa itu Trakteer.id?

Trakteer adalah sebuah platform yang membantu konten kreator untuk mendapatkan dukungan finansial dari para penikmat karyanya. Fans bisa dengan mudah mendukung kreator favorit mereka hanya dengan sekali "trakteer" atau berkala setiap bulannya untuk mendapatkan konten ekslusif.

Rasanya Kita sudah tidak asing dengan Youtube, instagram, wordpress, webtoon dan ciayo, juga platform serupa lainnya yang menemani kita setiap hari. Kebutuhan hiburan, review, tutorial hingga kebutuhan edukasi bisa kita rasakan manfaatnya melalui platform tersebut. Di sisi lain, terdapat kreator yang membuat konten-konten tersebut untuk kita yang tentunya dengan effort besar agar dapat memberikan konten berkualitas.

Ide ini berawal dari sebuah keresahan ketika Rizki (Founder Trakteer.id ) tidak bisa lagi membaca komik dari kreator favoritnya di salah satu platform komik yang cukup banyak pembacanya di Indonesia. Komikus tersebut memiliki banyak pembaca namun belum terverifikasi sehingga tidak mendapatkan fee dari pembuatan konten di sana. Masalah ini terjadi ketika komikus tersebut tidak bisa lagi melanjutkan untuk membuat komiknya disebabkan oleh kebutuhan finansial yang harus dipenuhi. Dan kenyataannya masalah ini terjadi pada banyak kreator di Indonesia hari ini.

Hari ini semakin banyak anak muda yang mencari pekerjaan di bidang industri kreatif. Angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini didukung dengan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada tahun 2015, 1 dari 100 orang di Indonesia bekerja pada industri kreatif dan menyerap 17,4% tenaga kerja dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Kami percaya bahwa ketika seorang kreator diberikan dukungan finansial, tentu itu akan memungkinkan mereka untuk membuat karya yang lebih besar. Konsepnya sederhana, kita bisa bayangkan ada sebuah toples tip (kita sebut tipjar) yang dimiliki oleh setiap kreator, yang memungkinkan kita untuk memberikan dukungan finansial kepada mereka sebagai bentuk penghargaan atas karya-karyanya.

Tentu ide ini telah ada sebelumnya di luar sana, Patreon, Ko-fi, dan Kickstarter telah lebih dulu membantu para konten kreator untuk fokus dan terus berkarya. Namun rasanya diperlukan sebuah platform yang mendukung metode pembayaran lokal yang bersahabat, seperti transfer bank lokal, ovo, dan gopay. Harapannya fans dan kreator lebih mudah menggunakannya sehingga ekosistem mereka bisa terus aktif.

Oleh karena itu, trakteer.id hadir untuk berusaha membantu kreator agar bisa terus berkarya yang tak terlepas dari peran fans dalam pembuatan karya dengan dukungan finansial dari penikmat karyanya. Dengan ini kita bisa menghargai karya dengan cara yang baik dan membangun budaya supportif untuk kreator.

No Comments Yet