9 Tips Menjadi Konten Kreator Cerdas

Jika kamu adalah yang sedang kita sebut pada judul di atas, baik sebagai kreator personal secara maupun sebagai team, kamu sangat mungkin menjadi kreator yang memiliki konten yang punya kualitas.

Namun itu semua membutuhkan waktu, tenaga, dan disiplin.

Pada tulisan ini kita akan bahas sembilan tips membuat konten yang berkualitas, dan membuat kontenmu menjadi bahan perhatian.

1. Menjadi Kreator yang Up to Date

Jadilah kreator yang selalu update dengan isu hangat dan informasi terkini, terlebih tentang bidang yang kamu tekuni. Katakanlah kamu adalah seorang kreator yang aktif membuat konten tentang review handphone. Mengetahui sebanyak mungkin infomasi tentang handphone sangatlah penting. Ikuti semua kanal informasi dan berita yang relevan terkait bidang kamu.

Semakin banyak kamu tahu, semakin kamu bisa menempatkan diri sebagai kreator dengan standout dengan karakter yang spesifik pada bidang yang kamu geluti.

2. Tetap Menjadi Kreator yang Up to Date

Hari ini kita dituntut untuk terus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, mengingat perubahan tersebut terjadi begitu cepat apapun bidangnya. Artinya kita memiliki tugas lebih, tidak hanya sekedar membuat konten, namun kita juga perlu membaca konten orang lain.

Konten kreator yang baik adalah mereka yang memiliki rasa ingin tahu kuat dan mencari tahu subyek apa yang kira-kira diminati oleh target pembaca. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan belajar dari konten yang dibuat oleh orang lain.

3. Pahami Pembaca/Penonton

Poin ini penting untuk seorang kreator agar dapat merasakan apa yang penonton rasakan. Kuncinya adalah dengan posisikan diri kita sebagai pembaca. Dengan itu kita bisa memberikan konten yang benar-benar dekat dengann pembaca.

4. Tingkatkan Skill

Jika kamu bukanlah seorang profesional dalam bidang yang kamu geluti, kamu harus bekerja lebih sebagai bentuk pendekatan kepada target pembaca. Kamu bisa mulai dengan mempelajari pola pembaca, memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan, dan membaca referensi terkait konten yang anda buat.

5. Lebih Sering Membuat Konten

Atta Halilintar adalah salah contohnya, membuat video setiap hari untuk konten nya di Youtube. Semakin banyak konten yang kamu buat, semakin banyak pula traffic yang kamu dapatkan. Hubspot menyebutkan bahwa blog yang memproduksi 16 konten per bulan dapat memperoleh traffic 3,5 kali lebih besar dari blog yang menerbitkan 0 - 4 konten setiap bulan. Tentu itu akan lebih baik jika kita rajin membuat konten lebih banyak. Lakukan ini bukan ketika punya waktu saja, lakukanlah dengan komitmen.

6. Sampaikan dengan Menarik

Bayangkan kita sedang mencari tau informasi tentang review sebuah gadget terbaru buatan Apple. Bagaimana menurut mu ketika kita mencari tau hanya dengan membaca tulisan flat? Rasanya hampa dan kosong. Membuat konten bukan hanya tentang isinya, tapi membuat konten itu berisi dan menarik. Inti dari membuat konten adalah tentang ide kamu yang tersampaikan. Kita bisa pelajari tentang bagaimana menulis yang menarik, ditambah dengan ilustrasi gambar maupun video, atau dengan cara-cara lainnya yang membuat konten menjadi lebih menarik.

7. Beri Contoh

Mulailah dengan memberikan sesuatu yang nyata dan dekat sebagai contoh ketika kamu menyampaikan sesuatu. Misalnya dengan tidak menggunakan kata-kata yang berbelit-belit atau memberi contoh tidak banyak orang tahu.

8. Bicarakan tentang Kebutuhan Pembaca

Bicarakan tentang kebutuhan dan prospek dari sisi pembaca. Ketika kita membicarakan diri sendiri, secara tidak langsung kita telah kehilangan kesempatan untuk menunjukan bahwa peduli kepada pembaca dan dapat membantu memberikan nilai apa yang mereka butuhkan.

Kamu bisa lihat dua kalimat di bawah ini:

  • Trakteer adalah sebuah platform apresiasi kreator yang telah berdiri sejak tahun 2019. Kami memiliki fitur dan layanan yang baik dan terpercaya.
  • Trakteer adalah sebuah platform membantu para konten kreator untuk mendapatkan dukungan finansial dari para penikmat karyanya. Trakteer juga memungkinkan para penggemar untuk menikmati karya ekslusif dari kreator favoritnya.

9. SEO Friendly

Dengan teknologi yang ada hari ini, membuat konten tidak hanya perlu seni untuk membuat konten menarik, namun juga butuh science. Tentu saja kita perlu tahu tentang bagaimana mendistribusikan konten yang kita buat kepada pembaca, terlebih dengan internet. Mulailah dengan asah dengan keterampilan menulis dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimation). Hal ini akan membantu kita untuk membuat konten kita muncul di mesin pencari di internet.

Jika kamu ingin membuat konten yang memiliki kualitas, penting rasanya mengetahui poin-poin di atas. Posisikan diri kita dalam posisi target penikmat karya yang kita buat. Teruslah berinteraksi dengan mereka para pembaca konten kamu. Kamu bisa menggunakan Trakteer sebagai salah satu wadah yang bisa menjadi platform yang membantu kamu untuk bisa berinteraksi dengan penikmat karyamu lebih dekat.

Referensi: weidert.com/whole_brain_marketing_blog/tips..

No Comments Yet